PETUNJUK TEKNIS LOMBA PROPOSAL BUSSINES PLAN UNIVERSITAS

PETUNJUK TEKNIS LOMBA PROPOSAL BUSSINES PLAN

I.         Peserta Lomba
Peserta adalah kelompok mahasiswa beranggotakan 2-3 orang yang memiliki ide bisnis yang kreatif, inovatif, memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan.

II.      Output
Peserta dapat mengikutsertakan proposal dalam PKM DIKTI 2018 bidang Kewirausahaan.

III.   Outcome
Business Plan (perencanaan bisnis) dan implementasi bisnis dalam bentuk bazaar Biomass pada 14 Oktober 2017.

IV.   Tema
Tema besar acara Biomass tahun 2017 “ Hidden Treasure in Our Mind”. Tema dari produk inovasi sesuai dengan produk yang diajukan pada proposal business plan. Tema dekorasi stand bazaar akan diundi saat technical meeting pada hari jum’at, 29 September 2017.

V.     Hadiah
Juara 1 : Rp. 400.000 + piagam penghargaan+ trophy bergilir
Juara 2 : Rp. 250.000 + piagam penghargaan
Juara 3 : Rp. 150.000 + piagam penghargaan

VI. Ketentuan waktu
No
Tanggal
Kegiatan
1.
13 September 2017
Maksimal penyerahan formulir pendaftaran peserta
2.
20 September 2017
Maksimal pengumpulan proposal bussines plan
3.
28 September 2017
Maksimal pengumpulan PPT persentasi proposal
4.
29 September 2017
Technical meeting bazaar implementasi proposal bussines plan
5.
1 Oktober 2017
Persentasi proposal
6.
14 Oktober 2017
Bazaar dan awarding night

VII.        Mekanisme dan Rancangan Aktivitas
1.Teknis pelaksanaan dan ketentuan kegiatan:
a.    Pendaftaran peserta
Peserta wajib mengisi formulir dan diserahkan pada panitia maksimal 13 September 2017 baik secara online maupun offline. Pendaftaran secara online dilakukan dengan mengirimkan formulir ke alamat email. Pendaftaran secara offline dilakukan dengan mengirimkan formulir ke panitia Biomass di sekretariat himpunan mahasiswa brawijaya.

b.    Teknis pelaksanaan kegiatan:
Kegiatan kompetisi kewirausahaan ini dilakukan dengan mengkompetisikan business plan masing-masing peserta.  Lomba dilakukan dalam  3 tahap:
1)      Tahap pertama, peserta membuat proposal bussines plan dengan produk sesuai tema yang diberikan. Proposal dikirimkan pada panitia secara online ke alamat email Biomass.jbub@gmail.com dengan format Nama Universitas_ Judul proposal. Peserta juga wajib mengumpulkan 3 eksemplar hardcopy proposal kesekretariat HIMABIO UB. Pengiriman proposal maksimal tanggal 20 September 2017 pukul 17.00 WIB. Penilaian proposal bussines plan akan dilakukan oleh tim juri dengan kriteria penilaian yang telah ditetapkan.
2)      Tahap kedua, peserta mempresentasikan proposal business plan yang telah dirancang di depan tim juri dengan ketentuan yang telah diberikan. Peserta diwajibkan mengumpulkan slide power point ke alamat email Biomass.jbub@gmail.com dengan format Nama Universitas_PPT_Judul proposal maksimal H-2 hari persentasi (29 september 2017). Presentasi dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2017.
3)      Tahap ketiga, peserta membuka stand bazaar dengan dekorasi sesuai tema dan menjajakan produk yang ada dalam proposal (Bazaar implementasi proposal business plan ). Ketentuan bazaar sama halnya seperti bazaar universitas dengan tema dekorasi yang akan diundi saat technical meeting pada hari Jum’at, 29 September 2017.

VIII.     PENILAIAN LOMBA
Penilaian lomba proposal bussines plan  berdasarkan pada:
1.      Tahap pertama      = 30%
2.      Tahap kedua         = 30%
3.      Tahap ketiga         = 40%

IX. PENENTUAN JUARA
1.      Penentuan peserta juara terdiri atas Juara I, II, III
2.      Penentuan juara I, II, III berdasarkan perolehan nilai maksimal kriteria penilaian penjurian lomba.
3.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
4.      Tim Juri beranggotakan orang-orang yang berpengalaman dalam bidang kewirausahaan.

X.    ASPEK PENILAIAN
1.    Tahap pertama
     Aspek yang dinilai pada tahap pertama yaitu:
a.       Sistematika penulisan (minimal harus mencakup keseluruhan point yang telah ditentukan oleh panitia)
b.      Isi proposal, meliputi:
§  Relevansi judul dengan isi proposal
§  Orisinalitas gagasan
§  Originalitas proposal
§  Inovatif dan kreatif
§  Kelayakan implementasi di lapangan

2.    Tahap kedua
     Aspek yang di nilai dalam tahap kedua yaitu:
a.         Penguasaan terhadap materi yang disampaikan
b.        Kesesuaian materi dengan tampilan slide
c.         Proses penyampaian materi terhadap audiens

3.Tahap ketiga
Aspek yang di nilai dalam tahap ketiga yaitu:
a.         Firmitas (kesesuaian dengan tema)
b.        Utilitas (penempatan dan pemanfaatan ruang)
c.         Venusitas (keindahan)
d.        Person (perilaku)


Lampiran 1. Sistematika dan format penulisan proposal Business Plan
a.       Proposal ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5.
b.      Ukuran kertas A-4 dengan margin kiri 4 cm dan margin kanan, atas bawah adalah 3 cm.
c.       Halaman sampul sampai dengan daftar isi diberi nomer halaman dengan huruf i,ii iii...dst yang diletakkan di sudut kanan bawah, sedangkan halaman  pendahuluan sampai lampiran diberi halaman dengan angka arab: 1,2,3...dst dan diletakkan di sudut kanan atas.
d.      Format penulisan disesuaikan dengan pedoman PKM-K PKM DIKTI 2017, berisi tentang PENDAHULUAN, GAMBARAN UMUM USAHA, METODE PELAKSANAAN, BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN, dan LAMPIRAN-LAMPIRAN.

Lampiran 2. Format presentasi
a.       Judul
Judul dibuat secara menarik, singkat dan menggambarkan isi dari Business plan.

b.      Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan, proposal harus menjelaskan mengenai:
1.    Latar belakang dan motivasi melakukan usaha.
2.    Justifikasi pemilihan obyek usaha.
3.    Tujuan usaha yang hendak dicapai.

c.       Analisis produk
Produk atau jasa yang diusulkan hendaknya mengandung suatu inovasi sehingga memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk/jasa yang sudah ada. Inovasi bisa dalam hal produk/jasa itu sendiri, proses penyampaiannya ke pelanggan atau proses produksinya. Pada bagian ini peserta harus menjelaskan:
1.         Jenis dan nama produk, karakteristik produk.
2.         Keunggulan produk dibanding produk lain yang ada di pasaran.
3.         Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku.

d.      Analisis pasar
Pada bagian ini presentasi harus memuat analisis potensi atau peluang terserapnya produk di pasar serta strategi yang akan diadopsi agar produk bisa bersaing dengan produk sejenis yang ada di pasar. Bagian ini akan memuat, antara lain:
1.         Profil kosumen
2.         Potensi dan segmentasi pasar
3.         Pesaing dan peluang pasar
4.         Media promosi yang akan digunakan
5.         Target atau rencana penjualan satu tahun
6.         Strategi pemasaran yang akan diterapkan

e.       Analisis produksi atau operasi
Bagian ini harus menjelaskan bagaimana produk atau jasa dihasilkan. Uraian pada bagian ini akan mecakup:
1.         Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yag digunakan.
2.         Pasokan bahan baku.
3.         Proses produksi/operasi.
4.         Jumlah produk/jasa yang dihasilkan dalam satu tahun.

f.       Analisis keuangan
1.      Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai kebutuhannya)
2.      Penentuan harga pokok penjualan
3.      Rencana Neraca awal dan Neraca akhir tahun
4.      Rencana laporan Laba/Rugi

g.      Analisis sumber daya manusia
1.         Pemanfaatan SDM
2.         Kualifikasi SDM yang dibutuhkan
3.         Spesifikasi jabatan (Job Description)
4.         Sistem penggajian dan kompensasi

h.      Rencana anggaran biaya
Berisi uraian anggaran biaya antara lain meliputi:
1.         Kebutuhan investasi
2.         Kebutuhan modal kerja



Lampiran 3. Aspek penilaian stand bazaar

No.

Aspek

Sub Aspek
Indikator
1
Firmitas (Keseuaian dengan Tema)
Jenis item yang ditampilkan sesuai dengan tema
1.    Kesesuaian jenis item/produk yang ditampilkan dengan tema terkait
2.    Keseuaian informasi di stand dengan tema
3.    Keseuaian/ setepoatan informasi

a2
Utilitas (Penempatan dan Pemanfaatan Ruang)

Banyaknya produk dan ketersediaan komponen pendukung
1.    Banyak/variasi produk
2.    Ketersedian komponen pendukung
3.    Kelengkapan sarana dan prasarana
3
Venusitas (Keindahan)
Tata letak keindahan
1.    Kepatutan tata letak barang
2.    Keindahan stand
3.    Kerapian stand
4.    Dekorasi stand

4
Person (Perilaku)
Perilaku penyaji stand
1.    Penyaji memberikan informasi secara jelas
2.    Kompetensi dari penyaji stand
3.    Penyaji stand aktif mengajak pengunjung untuk mengunjungi stand.
4.    Keramahan

Lampiran 4. Format penilaian
a.    Format penilaian proposal

Judul Kegiatan
:

Nama Ketua
:

NIM
:

Jumlah Anggota
:

Anggota 1
:

Anggota 2
:

Dosen pembimbing
:

Perguruan Tinggi
:

Fakultas/Program Studi
:

No
Kriteria
Bobot (%)
Skor
Nilai
(Bobot x Skor)
1
Ringkasan/Pendahuluan
15


2
Gambaran Umum Rencana Usaha
20


3
Metode Pelaksanaan (Aspek Produksi dan Manajemen Usaha)
25


4
Potensi Pengembangan Usaha
30


5
Kesimpulan dan Saran
10


Jumlah
100



Keterangan: Skor: 1, 2, 3, 4, 5 (1= sangat kurang; 2= kurang; 3= cukup; 4= baik; 5= sangat baik)

Komentar:
..................................................................................................................
..................................................................................................................
Malang,                         2017
Penilai,





(                                                    )
b.    Format penilaian presentasi
Judul Kegiatan
:

Nama Ketua
:

NIM
:

Jumlah Anggota
:

Anggota 1
:

Anggota 2
:

Dosen pembimbing
:

Perguruan Tinggi
:

Fakultas/Program Studi
:

No
Kriteria
Bobot (%)
Skor
Nilai
(Bobot x Skor)
1
Pemaparan:
-          Sistematika penyajian dan isi
-          Penggunaan bahasa baku
-          Sikap presentasi
-          Ketepatan waktu
20


2
Gagasan:
-          Keunikan, manfaat, dan dampak barang atau jasa layanan
-          Kelayakan implementasi
50


3
Diskusi:
-          Tingkat pemahaman gagasan
-          Kontribusi anggota tim
30


Jumlah
100



Keterangan: Skor: 1, 2, 3, 4, 5 (1= sangat kurang; 2= kurang; 3= cukup; 4= baik; 5= sangat baik)

Komentar:
..................................................................................................................
..................................................................................................................
Malang,                         2017
Penilai,





(                                                    )


c.    Format penilaian bazaar
No.

Aspek

Sub Aspek
Indikator
Nilai

1
Firmitas (Keseuaian dengan Tema)
Jenis item yang ditampilkan sesuai dengan tema
1.        Kesesuaian jenis item/produk yang ditampilkan dengan tema terkait
2.        Keseuaian informasi di stand dengan tema
3.        Keseuaian/ setepoatan informasi

35%

2
Utilitas (Penempatan dan Pemanfaatan Ruang)

Banyaknya produk dan ketersediaan komponen pendukung
1.        Banyak/variasi produk
2.        Ketersedian komponen pendukung
3.        Kelengkapan sarana dan prasarana
25%


3
Venusitas
( Keindahan)
Tata letak keindahan
1.        Kepatutan tata letak barang
2.        Keindahan stand
3.        Kerapian stand
4.        Dekorasi stand
25%


4
Person (Perilaku)
Perilaku penyaji stand
1.        Penyaji memberikan informasi secara jelas
2.        Kompetensi dari penyaji stand
3.        Penyaji stand aktif mengajak pengunjung untuk mengunjungi stand.
4.        Keramahan
15%



Jumlah Nilai





Nilai yang dberikan bernilai 0-100

Malang,    2017
Penilai,




(                                                   )


Komentar

  1. If you're trying to lose pounds then you absolutely need to jump on this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs joined together to provide keto meal plans that are powerful, painless, economically-efficient, and delightful.

    Since their first launch in January 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and well-being with the benefits a great keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer